Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Burung Parkit

 

Cara Ternak Burung Parkit

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika ingin memulai peternak parkit. Jika Anda mengetahui seluk beluk cara ternak burung parkit bisa cepat berproduksi. Pelajari settingan kandang, pemilihan indukan sampai perjodohan agar hasilnya memuaskan.

Cara Ternak Burung Parkit Cepat Berproduksi

Berikut ini beberapa cara ternak burung parkit yang bisa Anda pelajari antara lain:

Mensetting Kandang

Tahapan awal yang harus anda siapkan sebelum memulai beternak yaitu menyiapkan kandang. Kategori kandang yang baik untuk beternak parkit yaitu ukurannya yang besar seperti kandang Aviary.

Sebenarnya burung parkit bukanlah burung yang rewel, karena bisa Anda ternak di kandang besi ukuran normal. Namun tentunya jumlah parkit dalam kandang akan berkurang.

Anda bisa menerapkan kandang terbuka atau semi terbuka sehingga memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu, pencahayaan yang baik juga perlu dipersiapkan, sehingga akan mempengaruhi keberhasilan ternak.

Untuk kandang yang besar bisa menerapkan sistem koloni sistem ini yaitu satu jantan dengan beberapa betina.

Memilih Indukan

Hal selanjutnya yang perlu Anda persiapkan yaitu memilih indukan. Untuk memilih indukan parkit, bisa menggunakan parkit berumur 4 bulan. Proses yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan parkit yang sudah matang yang usianya 8 bulan.

Parkit yang berumur 4 bulan biasanya masih malu untuk proses perjodohan. Anda bisa memilih warna sesuai selera, jika ingin mutasi warna pilihlah warna parkit yang bagus. Anda bisa menyilangkan antara jenis parkit.

Proses menjodohkan parkit tidaklah sulit, Anda bisa menyatukan kedua parkit di kandang bersama. Jika sudah menemukan kecocokan, parkit akan mendekat dan lama-kelamaan akan berproduksi.

Makanan

Sedangkan untuk makanan parkit, Bisa Anda beri sayuran, seperti jagung, kangkung atau toge. Hal yang paling penting yaitu menjaga kebersihan kandang.

Untuk membantu pencernaan burung parkit, Anda bisa menaruh basi mineral yang terbuat dari tulang sotong atau bata merah. Benda-benda tersebut berguna untuk mengasah paruh.

Untuk air minum parkit, Anda bisa memberi air matang dan pastikan dalam keadaan bersih. Anda bisa memberi sarang, namun harus menyesuaikan dengan jumlah parkit betina.

Cara ternak burung parkit cukup mudah bukan? Anda bisa mempraktekkan langkah-langkah tersebut sehingga sukses mengembangbiakkan burung parkit.

Posting Komentar untuk "Cara Ternak Burung Parkit"