Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Burung Kacer

 

Cara Ternak Burung Kacer

Kacer merupakan burung petarung yang banyak digemari oleh penghobi burung karena warna dan kicauannya yang merdu. Cara ternak burung kacer akan menjadi peluang bisnis yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Sebab, keuntungannya yang menjanjikan.

Cara Ternak Burung Kacer Termudah

Banyak pendapat mengatakan bahwa cara ternak burung kacer susah, namun pada dasarnya tidak. Ketika Anda memahami cara yang tepat, maka beternak burung kacer akan berhasil. Berikut ini langkah-langkah untuk memulai beternak kacer berikut ini:

Mempersiapkan Kandang

Faktor utama yang menunjang keberhasilan budidaya kacer yaitu kandang. Anda harus mempersiapkan kandang senyaman mungkin. Sediakan juga ranting kering untuk tempat bertengger.

Selain itu, Anda bisa menyediakan 2 kolam. Pertama untuk kolam yang akan diisi air untuk mandi. Sedangkan satu lagi untuk diisi pasir dan batu-batu kecil. Sebab, kacer memiliki kebiasaan untuk mengangkut batu-batu kecil saat membuat sarang.

Anda juga bisa menyediakan bahan-bahan kering, seperti sabut kelapa, daun cemara, tangkai daun lamtoro dan masih banyak lagi. Taruhlah bahan-bahan tersebut di kotak dan sebagian lagi di lantai. Sehingga kacer juga bisa memilih sendiri.

Memilih Bibit

Setelah mempersiapkan kandang, Anda bisa memilih bibit. Bibit yang Anda pilih sebaiknya sudah siap untuk produksi. Indukan kacer yang bisa Anda pilih berumur 2 tahun.

Sedangkan untuk indukan betina bisa Anda pilih mulai dari 1 tahun. Untuk memilih indukan, Anda bisa memilih yang mempunyai kualitas suara serta postur ideal. Hal ini bertujuan untuk memperoleh keturunan yang unggul.

Bibit kacer memiliki pengaruh yang besar untuk keberhasilan ternak. Pilihlah bibit yang jinak baik untuk indukan jantan maupun betina. Tujuannya yaitu untuk memudahkan proses mengerami yang lebih mudah.

Sebab, ketika proses mengerami terganggu, maka induk betina bisa meninggalkan sarang. Hal yang paling parah, yaitu burung kacer akan memecahkan telur, lalu membuangnya.

Proses Perjodohan

Setelah bibit sudah Anda pilih, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu menjodohkan. Proses perjodohan ini memakan waktu yang lama, sehingga membutuhkan waktu dan kesabaran.

Ketika ketiga cara ternak burung kacer bisa Anda kuasai, maka tinggal selangkah lagi menikmati kesuksesan. Kesabaran dan kerja keras juga memberikan pengaruh keberhasilan tersebut.

Posting Komentar untuk "Cara Ternak Burung Kacer"