Cara Mudah Ternak Kelinci

 

Cara Mudah Ternak Kelinci

Peluang usaha beternak kelinci cukup menjanjikan sebab kelinci termasuk hewan yang mudah beradaptasi dan cepat berkembang biak. Cara mudah ternak kelinci bisa Anda pelajari baik itu untuk kelinci budidaya dan kelinci hias. Sebab, sebenarnya tidak ada batasan antara kelinci hias dan jenis budidaya.

Cara Mudah Ternak Kelinci Untuk Pemula

Pada dasarnya ada tiga fokus utama cara mudah ternak kelinci yang bisa Anda terapkan. Jenis-jenis kelinci memiliki keunggulan masing-masing, ada yang unggul di pertumbuhan daging. Namun, ada juga yang unggul diproduksi bulu.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk beternak kelinci, antara lain:

Menyiapkan Kandang

Ada dua tipe kandang yang bisa Anda gunakan untuk peternak kelinci sistem terbuka dan tertutup. Untuk kandang sistem terbuka bisa Anda terapkan pada hamparan lahan yang sekelilingnya telah diberi pagar.

Kelinci bisa dibiarkan bebas berkeliaran dalam area kandang tersebut. Area kandang harus disediakan naungan untuk berteduh dan tempat istirahat kelinci. Jika Anda memilih sistem kandang terbuka, maka lebih mudah untuk memelihara kelinci.

Sedangkan untuk kandang tertutup dibatasi lantai, dinding dan atap. Jenis kandang ini cocok untuk usaha ternak kelinci intensif. Budidaya kelinci dengan sistem kandang tertutup ini bisa mengadopsi tipe kandang postal dan tipe baterai.

Tipe postal merupakan kandang yang menempatkan beberapa ekor kelinci sekaligus. Sedangkan pada tipe baterai, dirancang untuk ditempati satu ekor kelinci setiap kandangnya. Untuk kandang tipe baterai ini biasanya berbentuk rak bersusun

Memilih Indukan

Saat memilih indukan, Anda harus benar-benar memperhatikannya. Sebab Tingkat keberhasilan peternak kelinci ada pada pemilihan indukan.

Carilah indukan kelinci yang memiliki riwayat kesehatan baik. Bobot tubuh indukan kelinci minimal 4,5 kg untuk betina, sedangkan untuk jantan 3 sampai 5 kg.

Selain itu, belilah kelinci dengan pinggul yang bulat penuh dan punggung yang tidak cekung. Perhatikan kecerahan mata dan bulu yang selalu bersih terutama di sekitar kelamin kelinci.

Pakan

Hal yang harus Anda perhatikan di tahap terakhir yaitu memberi pakan. Untuk usaha ternak, Anda bisa memberikan hijauan, konsentrat dan tambahan vitamin.

Beberapa sayuran yang digemari kelinci yaitu sawi, wortel, lobak dan daun singkong. Sedangkan untuk konsentrat gunakan pelet buatan pabrik.

Cara mudah ternak kelinci bisa Anda terapkan baik itu untuk kelinci hias maupun untuk konsumsi. Jika menerapkan 3 hal tersebut, maka hasil baik akan didapatkan.