Cara Ternak Burung Merpati

 

Cara Ternak Burung Merpati

Memelihara merpati sudah menjadi hobi atau bahkan bisa untuk bisnis yang menghasilkan. Cara ternak burung merpati yang tepat akan membantu Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat beternak burung merpati.

Cara Ternak Burung Merpati Agar Cepat Bertelur

Ada beberapa cara ternak burung merpati agar cepat bertelur dengan mengikuti langkah berikut ini:

Pastikan Merpati Sehat

Anda harus memastikan burung merpati dalam kondisi sehat dan sudah sangat giring. Kedua faktor ini yang wajib Anda perhatikan sebelum proses mengawinkan merpati. Merpati yang belum giring, tidak bisa melakukan perkawinan, sehingga merpati betina tidak akan bertelur.

Perhatikan Jenis Pakan

Hal tak kalah penting selanjutnya yaitu masalah pakan. Salah satu penyebab merpati macet bertelur yaitu masalah pakan yang sembarangan. Sehingga Anda perlu memperhatikan memilih jenis pakan terutama jika sedang dalam proses perkawinan.

pakan paling umum yang bisa Anda berikan kepada merpati yang sedang dalam tahap perkawinan, yaitu jagung atau kacang hijau. Selain itu, ada beberapa rekomendasi pakan, antara lain:

Pakan Grit

Jenis pakan ini sering disebut sebagai asinan. Pakan Grit merupakan asupan makanan burung merpati yang terbuat dari:

     Pecahan cangkang kerang atau telur.

     Batu-batuan

     Mineral

Terasi

Selain Grit, Anda juga bisa memberikan terasi sebagai pakan burung. Terasi dipercaya agar merpati cepat bertelur.

Suplemen

Selanjutnya, Anda perlu menambahkan suplemen berupa jamu ataupun obat. Asupan jamu ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Jika kebutuhan nutrisi tercukupi, maka merpati akan cepat bertelur.

Anda bisa membeli suplemen ini di toko ternak dan bisa memilih berbagai jenis. Tidak disarankan untuk membuat suplemen sendiri.

Cara Merawat Sampai Bertelur

Terakhir, Anda harus memahami tata cara merawat merpati saat bertelur. Hal ini tidak kalah penting dari tahapan sebelumnya, sebab tata cara merawat ini akan mempengaruhi proses bertelur. Jika salah, maka kemungkinan akan menyebabkan merpati macet bertelur.

Terapkan cara ternak burung merpati sesuai arahan yang tepat. Sehingga hasil yang Anda peroleh tidak mengecewakan.