Cara Ternak Belut

 

Cara Ternak Belut


Kebutuhan daging belut cukup tinggi, sebab kaya akan nutrisi tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu cara ternak belut. Sebab bisa menjadi usaha tambahan yang hasilnya sangat menggiurkan.

Cara Ternak Belut Pasti Berhasil

Agar mendapatkan keuntungan yang banyak, Anda bisa mengikuti bagaimana cara ternak belut paling praktis, berikut ini:

Sediakan Media Tumbuh

Media tumbuh belut merupakan hal yang paling penting sebelum proses budidaya dimulai. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

     Siapkan lumpur kering

     Pupuk TPS

     Kompos

     Paket mikroorganisme

Simak juga tahapan mempersiapkan media tumbuh untuk belut berikut ini:

  1. Gunakan jerami yang memiliki ketebalan 50 cm untuk bagian dasar.
  2. Selanjutnya, siramlah menggunakan paket mikroorganisme sebanyak 1 liter di masing-masing drum.
  3. Setelah itu, Anda bisa menambahkan pupuk kompos dengan ketebalan 7 cm.
  4. Pada lapisan atas, Anda bisa menaburkan lumpur kering serta pupuk TSP 5 kg.
  5. Tahapan terakhir, Anda bisa mengisi kolam menggunakan air bersih hingga 14 hari lamanya. Sehingga terjadi proses fermentasi sempurna.

 

Perlu diingat bahwa belut yang ingin dibudidayakan tidak boleh masuk bersamaan dengan media tumbuh selesai proses fermentasi.

Pemilihan Bibit

Hal penting lainnya yaitu pemilihan bibit. Ciri bibit belut yang baik, yaitu dalam kondisi sehat dengan ukuran 10 sampai 12 cm. Tujuannya agar belut tidak saling memakan. Terlebih lagi belut kecil selalu menjadi incaran belut yang ukurannya lebih besar.

Pakan Terbaik

Selain bibit belut, Anda juga harus memperhatikan kualitas belut. Hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas belut.

Anda bisa memberi pakan belut mulai dari 5 sampai dengan 20 persen mata belut. Perhatikan pakan belut karena bentuknya kecil. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan larva ikan, kutu air, kecebong dengan takaran 0,5 sampai dengan 1 kg.

Sedangkan belut dewasa bisa Anda beri katak, bekicot, belatung, ikan mulai 1,5 sampai 2 kg. Anda bisa memberikan selama 3 hari, satu kali di sore hari.

Panen

Untuk panen bisa Anda lakukan 3 sampai 4 bulan. Hal ini tergantung pada bobot dan panjang benih belut yang Anda gunakan.

Cara ternak belut bisa Anda praktikkan sehingga memberikan banyak hasil. Peminat belut sangat banyak karena nilai gizi yang terkandung di dalamnya.