Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Burung Lovebird

 

Cara Ternak Burung Lovebird

Budidaya burung lovebird tidak jauh berbeda dengan peternakan burung lainnya. Bagian tersulit biasanya  membedakan antara sejoli jantan dan betina, terutama untuk pemula. Namun, Kamu dapat mempelajari segala hal tentang membudidayakan sejoli selangkah demi selangkah.

Kamu dapat menumbuhkan banyak burung berkicau. Tapi lovebird itu unik. Burung ini disebut sejoli atau lovebird karena ikatannya yang kuat dengan pemiliknya dan satu sama lain. Burung ini selalu dekat satu sama lain dan suka hidup berkelompok.

Lovebird berwajah rosy memiliki bulu yang indah, sehingga sering digunakan untuk pajangan di sekitar rumah. Ada juga lovebird yang dipertahankan karena memiliki  kicau yang nyaring, merdu, hingga mencicit yang panjang.

 

Cara Ternak Lovebird Yang Tepat

 

Cari Indukan

Usia kawin optimum adalah 1 tahun untuk lovebird betina dan 8 bulan untuk lovebird jantan. Dari segi fisik, burung yang dipilih harus memiliki paruh yang panjang, tebal, kokoh, dan pangkal yang besar. Burung dengan ciri-ciri tersebut akan kuat saat berkicau.

 

Hal ini juga ditkamui dengan ukuran kepala yang besar dan bentuk tubuh yang proporsional. Lovebirds berkembang biak memiliki dada  lebar, leher panjang, dan mata yang jelas besar dan cerah. Selain itu, indukan harus memiliki kepribadian yang lincah, aktif, dan  nafsu makan yang baik.

 

Siapkan Perjodohan

Selesaikan proses perjodohan sebelum musim kawin dan kawin dimulai. Bagian ini seharusnya memperkenalkan Kamu pada lovebird jantan dan betina. Bawalah indukan jantan dan betina  yang telah dipilih sebelumnya.

 

Kamu bisa lebih dekat dengan menjemurnya di kandang terpisah secara bersamaan. Kami merekomendasikan untuk tidak menggunakan lovebird Kamu sebagai kandang selama periode perjodohan karena dapat memicu perkelahian yang dapat menyebabkan cacat dan cedera.

 

Siapkan Perkembangbiakan

Setelah proses perjodohan berhasil dan indukan siap untuk dikawinkan, tempatkan burung pejantan dan betina ke dalam sangkar. Masukkan grodoc dengan serpihan kayu, ranting dan pasir halus. Lovebirds dapat membangun sarang  mereka sendiri secara alami, jadi cobalah untuk membangun sarang Kamu sendiri. Setelah pembuahan, betina bertelur 4-5 butir.

 

Proses Pengeraman Telur

Setelah bertelur, lovebird mengerami telurnya. Masa inkubasi telur hingga menetas adalah 22-25 hari. Jika  telur tidak menetas selama 26 hari, berarti telur tersebut berkualitas buruk dan harus dikeluarkan sebelum Lovebird dapat bertelur lagi.

 

Berikan Makanan Indukan dan Anakan

Pakan untuk induk ikan biasanya berupa millet, biji bunga matahari dan  kenari. Selain itu, berikan makanan  dan vitamin tambahan untuk membantu lovebird tumbuh optimal. Dengan anak anjing, biasanya orang tua yang mengalah. Jika tidak, bergembiralah.

Posting Komentar untuk "Cara Ternak Burung Lovebird"