Cara mudah ternak kenari

 

Cara mudah ternak kenari

Beternak burung memang merupakan kegiatan yang sangat menguntungkan dan juga sarana mengkomunikasikan hobi. Namun, memelihara burung bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan keterampilan khusus serta pengetahuan burung yang luas.

Jika kamu dapat memelihara seekor burung, itu bahkan dapat membawa keberuntungan yang tidak terduga.

Produk ternak juga dapat dijual kepada para pecinta burung dengan harga yang jauh lebih tinggi, sehingga tidak heran jika banyak peminat burung yang mencoba cara sendiri untuk membudidayakan burung.

Selain itu, kenari memang terlihat sangat menjanjikan di peternakan. Harga burung kenari sendiri sangat tinggi, apalagi jika sudah menjadi gacoal dan sering mengikuti lomba kicau burung, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

 

Cara ternak kenari dengan cepat dan mudah

 

Mampu bedakan jenis kelamin

Untuk peternak pemula, hal yang paling mendasar adalah kamu harus bisa membedakan jenis kelamin  kenari kamu. Jika kamu perlu mengawinkan kenari betina dengan kenari jantan untuk membiakkan kenari, bagaimana cara membudidayakannya?

·         Jenis kelamin perempuan

 

Nah, untuk memastikan bahwa burung tersebut betina, maka harus bisa mengenali ciri-ciri seperti, kloaka atau rektum lebih datar daripada cembung, dan suaranya juga menunjukkan jenis kelamin burung sebagai betina.

 

·         Jenis kelamin laki-laki

 

Tidak seperti kenari jantan, ia memiliki tonjolan di rongga kloaka, dan bentuknya yang  vertikal dan siku-siku menunjukkan bahwa ia adalah jantan. Tangisan yang sangat keras, gulungan gacoal panjang yang tidak pecah, dan fisik yang jauh lebih besar dibandingkan dengan betina.

 

Ketahui usia kenari dan kepantasan kenari

Usia  kenari dan kesesuaian kawin adalah salah satu aspek yang paling penting, karena mereka benar-benar perlu mengetahui apakah seekor burung siap untuk berkembang biak.

Usia yang tepat untuk burung kenari biasanya 6 bulan untuk  kenari  betina dan 7-9 bulan untuk  jantan. Ada juga beberapa jenis kenari yang  idealnya mencapai umur 10 bulan, yaitu  kenari yorkshire.

Mengingat usia burung kenari dan kesiapan penangkaran burung, kamu hanya perlu mengembangbiakkan dua burung kenari yang  siap dikandang.


Siapkan proses perjodohan

Untuk mempersiapkan langkah selanjutnya, proses matchmaking, kamu membutuhkan sarana dan prasarana yang perlu dijaga. Kamu bisa memelihara burung kenari  di kandang yang bagus dan luas.