Cara Budidaya Lobster Air Tawar

 

Cara Budidaya Lobster Air Tawar


Bisnis yang dijalankan dengan tekun tentunya akan memberikan hasil yang optimal, begitu juga dengan cara budidaya lobster air tawar. Sudah banyak pebisnis budidaya lobster yang membuktikan bahwa bisnis ini masih menjanjikan titik agar sukses menjalankannya anda perlu tahu tahapan-tahapannya.

Cara Budidaya Lobster Air Tawar

Ikuti tahapan-tahapan menjalankan cara budidaya lobster air tawar berikut ini:

Siapkan Kolam

Tahapan persiapan kolam ini sangat penting anda bisa menyediakan kolam tanah kolam tembok atau kolam terpal. Idealnya Anda bisa menyiapkan kolam dengan ukuran 2 M X 2 M X 0,5 M untuk bayi lobster dan satu indukan.

Anda harus memastikan kolam berada di tempat yang sejuk atau tertutup. Selain itu, kolam juga harus terbebas dari berbagai zat yang mencemari air. Agar kolam tetap mendapatkan oksigen yang cukup, maka Anda bisa memasang pompa air untuk menjaga sirkulasinya.

Masukkan juga batu di dalam kolam yang bisa digunakan lobster untuk bersembunyi sehingga tidak saling memangsa saat masa pergantian kulit

Seleksi indukan lobster

Langkah selanjutnya yaitu menyeleksi lobster yang bagus. Anda harus memilih indukan lobster yang tepat.

Pada dasarnya indukan lobster yang siap dipijah minimal berusia 6 bulan dengan panjang minimal 10 cm. Hal tersebut berlaku untuk indukan jantan maupun betina.

Tahap pemijahan

Selanjutnya beralih ke tahapan pemijahan. Pada tahapan ini, Anda membutuhkan bak khusus yang sesuai dengan ukuran lobster. Untuk lebar kolam pemijahan idealnya per meter berisi 3 sampai 5 ekor lobster.

Umumnya, dalam bak pemijahan terdiri dari 1 atau 2 induk jantan. Sedangkan untuk induk betina berjumlah 3 ekor agar proses pemijahan bisa berjalan lancar, maka Anda perlu menjaga kestabilan air.

Agar stabil air harus berada pada suhu 23 derajat Celcius sampai 29 derajat Celcius. Selain itu, pemberian pakan lobster juga memiliki dampak. Sebaiknya pemberian maka dilakukan sebanyak 2 kali sehari.

Untuk dosisnya sebanyak 3 persen dari total biomassa. Pada proses ini Anda perlu menunggu 2 sampai 3 minggu. Anda akan melihat telur-telur dari betina mulai bermunculan.

Agar mendapatkan hasil bagi, Anda perlu mengikuti cara budidaya lobster air tawar dengan baik.