Cara Menyimpan Video Reels Facebook Lite Tanpa Aplikasi

Media Sosial adalah salah satu platform tempat orang-orang saling berkumpul, melakukan interaksi, dan juga untuk mencari hiburan. Kegunaan lainnya ialah dapat menghasilkan uang, biasanya digunakan user sebagai ladang penghasil uang. Berbagai macam cara mereka lakukan, mulai dari menjual produk di marketplace atau menawarkan jasa di komunitas tertentu.

Selain masalah uang, menghibur diri itu sangatlah penting agar kondisi fisik maupun jiwa tetap sehat dan terjaga dari segala penyakit. Jika kamu lagi sedih atau galau, coba buka facebook dan nonton video-video lucu yang ada disana. Ini sangat berguna untuk mengobati luka dan perasaan galau, yang sedang kamu alami.

download video reels fb
Reels Videos

Apalagi sekarang sudah ada fitur Reels, fitur ini hampir mirip dengan Short yang ada di Youtube atau video singkat di Tiktok. Semua video yang diunggah rata-rata berdurasi pendek, paling lama hanya 60 detik. Reels facebook tidak hanya menampilkan konten-konten dari fb sahaja, story dan video Instagram juga ikut mereka masukkan asal memenuhi syarat yang ditentukan.

Apa itu Reels di Facebook?

Berdasarkan informasi yang saya baca di situs web official facebook, Reels adalah video yang memiliki durasi pendek yang berasal dari pengguna facebook ataupun instagram. Semua konten yang muncul, mungkin itu yang sedang kamu cari atau relevan dengan topik kesukaanmu.

Selain itu, suatu video memiliki syarat agar dapat muncul di beranda reels fb. Dan juga wajib mengatur keterlihatan konten dari privasi ke publik, peraturan ini tidak hanya berlaku untuk facebook saja, tetapi berlaku juga bagi sosial media instagram.

Manfaat Reels Bagi Pengguna Facebook

Tentu dengan adanya reels, bagi saya cukup berguna saat sedang mencari konten hiburan. Terlebih bila konten yang tampil adalah video lucu, dan juga kata-kata penyemangat dengan caption yang memotivasi. Kebanyakan reels keren dan unik, langsung saya amankan ke galeri ponsel. Namun, menyimpan reels fb atau ig ke galeri tidak dapat dilakukan tanpa bantuan dari alat khusus.

Biasanya yang dibutuhkan ialah sebuah aplikasi, akan tetapi beberapa user masih kesulitan dengan metode yang satu ini. Jikalau bisa, mereka pasti akan memilih cara menyimpan reels facebook ke galeri tanpa aplikasi tambahan. Tidak ada yang mustahil, karena itulah kami membuat konten ini supaya apa yang kamu lakukan dapat selesai dengan cepat.

Lalu, dimana dan bagaimana saya mencari serta dapat mengikuti panduannya? Tenang, untuk itu kamu tinggal membaca artikel ini sampai habis, karena semua petunjuknya sudah kami tulis disini.

Yuk, kita cari tahu bersama!

Cara Download Reels FB Lite dan IG Tanpa Aplikasi

Facebook lite merupakan aplikasi sosial media yang memiliki ukuran atau size lebih kecil dari versi original. Kelebihannya sangat banyak, salah satunya ialah dapat menghemat jumlah data yang dikeluarkan. Walaupun kecil, fitur-fitur yang tersedia tidak kalah lengkap dari versi aslinya.

Dengan Fb Lite, kamu juga dapat menonton video reels yang berasal dari IG maupun pengguna facebook. Selain itu, durasinya pun sangat singkat sehingga membuat pengguna tetap ingin melanjutkan menonton video lainnya. Untuk kamu yang ingin menyimpan reels fb ke ponsel, sangat dianjurkan untuk mencoba cara berikut ini:

1. Cara Simpan Reels Facebook Lite

Pertama kali menggunakan reels, kamu harus tahu cara membedakan antara video yang berasal dari fb dan ig. Sebab, tutorial ini menggunakan dua cara yang berbeda pada masing-masing reels. Perlu kamu ketahui, reels facebook ada kolom komentarnya sedangkan instagram hanya memperbolehkan pengguna untuk berbagi dan menyukai suatu konten.

Jadi, untuk tutorial pertama ini, kita akan belajar cara download reels facebook. Karenanya, pastikan video pendek yang kamu tonton terdapat fitur komentar. Harap ikuti petunjuk berikut secara berurutan tanpa melewati satupun langkah yang ada, agar yang kami ajari disini dapat bermanfaat bagi kamu.

  1. Cari video reels yang ingin kamu simpan, pastinya harus ada kolom komentar.
  2. Kemudian tekan tombol panah yang berada di kanan video, dekat dengan fitur komentar.
  3. Selanjutnya pilih bagikan via Salin Link.
  4. Setelah itu, buka chrome dan cari situs Snapsave App. Lalu, buka situs tersebut dan tempelkan link yang kamu salin tadi pada kolom download video
  5. Terakhir tekan tombol Download warna hijau, setelah ini kamu bisa memilih besarnya nilai resolusi video yang ingin diunduh.

2. Cara Simpan Reels Instagram Lite

Tadi sudah saya jelaskan diatas, reels yang berasal dari ig tidak memiliki fitur komentar melainkan hanya ada dua tombol, yakni tombol bagikan dan suka. Jika kamu sudah tahu cara melihat perbedaanya, maka silahkan ikuti cara berikut apabila ingin mengunduh reels ig tanpa aplikasi. 

Cukup ikuti petunjuk dibawah ini tanpa melewati satupun langkahnya, hal ini sangat dianjurkan agar video kesukaanmu sukses tersimpan ke galeri.
  1. Jika kamu sudah mengikuti petunjuk pertama, yaitu tentang fb lite. Maka saya sarankan untuk melewati langkah nomor 1, dan langsung melompat pada langkah nomor 4.
  2. Setelah memasuki halaman utama situs snapsave app, silakan tekan garis tiga paling atas yang letaknya di sebelah kanan atau sejajar dengan logo situs tersebut.
  3. Kemudian kamu pilih tools download video instagram, lalu masukkan link reels yang ingin kamu unduh.
  4. Terakhir tinggal memilih nilai resolusi video sesuai keinginannmu.
Akhir Kata

Kedua cara diatas sudah teruji, apapun yang kami publikasikan telah kami coba sebelumnya. Hal ini wajib dilakukan oleh semua penulis konten, apalagi jika itu menyangkut masalah keamanan dan kenyamanan pengunjung. Oleh karenanya, pastikan kamu mengikuti setiap petunjuk agar panduan yang kami berikan berhasil.

Sedikit saran dari saya, walaupun cara yang kami bagikan ini lebih mudah dalam menyimpan reels fb lite ke galeri, tidak ada salahnya bagi kamu jika ingin mencoba aplikasi pengunduh video yang tersedia di Playstore. Mungkin saja itu cocok denganmu, karena tidak perlu repot-repot membuka situs yang saya maksud pada saat membagikan tutorial.

Namun, ada satu kekurangan yang wajib kamu ketahui apabila mengunduh reels ig dengan aplikasi. Salah satunya ialah dapat membuat ruang penyimpanan ponselmu jadi penuh, sekaligus dapat merusak sistem ponsel jika kapasitas RAM tidak mencukupi.